LAPORAN AUDIT MUTU INTERNAL (AMI) TAHUN 2020

Alhamdulillah, piji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas berkat dan rahmat-Nya  kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) 2017 dapat terlaksana sesuai dengan perencanaan. Hasil AMI tersebut akan kami paparkan dalam bentuk Laporan Kegiatan Audit Mutu Internal. Laporan ini merupakan  salah satu bentuk pertanggungjawaban Lembaga Penjaminan Mutu  (LPM) yang ada di STIKes Bina Sehat PPNI Mojokerto sebagai lembaga yang diberikan amanah untuk mengendalikan mutu yang ada di institusi tidak terkecuali semua unit yang ada di STIKes.

Mutu Pendidikan Tinggi merupakan kegiatan sistemik, Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi merupakan prioritas pertamaa dari Rencana Strategis. Untuk meningkatkan mutu Pendidikan Tinggi secara berencana dan berkelanjutan, sesuai Peremenristek no 44 tahun 2015, dikemukakan “sistem penjaminan mutu internal yang dikembangkan oleh Perguruan Tinggi meliputi 24 standar yakni; standar mutu nasional pendidikan, standar penilaian, penelitian dan standar pengabdian kepada masyarakat. Sesuai Permenristekdikti No. 62 Tahun 2016 Tentang SPM Dikti, dan yang menjadi keharusan adalah keberadaan SPMI di setiap perguruan tinggi (AMI). Sedangkan Sistem penjaminan mutu eksternal yang dilakukan melalui akreditasi.

Audit  Mutu Internal merupakan evaluasi diri yang ditinjau secara berkala, disesuaikan dengan kondisi-kondisi internal program studi, praktik yang baik yang berlaku di Indonesia, serta perkembangan di dunia internasional. Data hasil audit adalah data dari, oleh, dan untuk program studi  yang ada pada STIKes Bina Sehat PPNI Mojokerto. Oleh karena itu, data yang diperoleh dapat menjadi penuntun program studi melakukan evaluasi diri, menetapkan rencana tindak lanjut, perencanaan, menetapkan pelaksanaan, monitoring-evaluasi, serta perbaikan terus-menerus untuk mencapai standar mutu dan kriteria yang ditetapkan. Instrumen pada kegiatan ini mengacu pada agenda audit, formulir penilaian borang akreditasi program studi, ceklist auditor, laporan hasil audit, dan saran.

Melalui pelaksanaan Audit Mutu Internal, program studi dapat mengetahui apakah mereka telah memenuhi standar nasional dan apakah mereka telah memenuhi kebutuhan peserta didik. Karena itu, masing-masing program studi perlu  dilakukan AMI setiap tahun, sehingga program studi dapat mempergunakan informasi yang dikumpulkan untuk mengarahkan perencanaan menuju peningkatan mutu berkelanjutan.

PELAKSANAAN AUDIT MUTU INTERNAL (AMI)

  1. Waktu Pelaksanaan

Kegiatan AMI dilaksanakan pada bulan Desember 2020

  1. Instrumen

Penilaian AMI tahun 2020 mengacu pada Instrumen  penilaian akreditasi dari LAMPT Kes , terdiri atas penilaian terhadap:

  1. Borang 3a
  2. Borang 3b
  3. Evaluasi diri

RINGKASAN  HASIL AUDIT MUTU INTERNAL  (AMI)

STIKEes BINA SEHAT PPNI MOJOKERTO

PERIODE 2020

 

  TEMUAN PERBAIKAN
1 Kriteria 1
a.    Monev visi misi yang memayungi visi misi keilmuan sebatas sosialisasi visi misi

b.    VMPT PS belum mencukupi untuk mendukung capaian profil lulusan

a.    Unit pengelola memiliki visi yang mencerminkan visi perguruan tinggi dan memayungi visi keilmuan

b.    Perlunya PS untuk melakukan telaah analisis terhadap VMTS

2 Kriteria 2
a.     Audit mutu sudah dilakukan tetapi RTM belum optimal

b.     Pengukuran kepuasan layanan manajemen perlu dilakukan

a.    Perlu komitmen unit terkait dalam pelaksanaan RTM

b.    Unit pengelolah prodi melakukan pengukuran kepuasan layananterhadap pemangku kepentingan

3 Kriteria 3
a.     Persentasi mahasiswa asing 0 a.     Pertukaran pelajar asing
4 Kriteria 4
a.     Rasio dosen 1:36

b.     Persentase dosen tetap yang berpendidikan S3 = 0

a.     Mengusulkan penambahan dosen

b.     Membuat mapping kelanjutan study bagi dosen

Kriteria 5
a.    Dana penelitian dosen pertahun

b.   Laboratorium untuk sarana praktikum mahasiswa perlu ditingkatkan

 

a.      Meningkatkan dana penelitian dosen

b.     Membuat usulan pada STIKes dan pihak lab untuk menyediakan lab sesuai standar sehingga target kompetensi mahasiswa terpenuhi

6 Kriteria 6
a.     Pembimbing skripsi dengan jabatan fungsional lektor kepala belum ada

b.     Struktur dan substansi kurikulum

a.    Motivasi pembimbing skripsi untuk meningkatkan jabatan fungsional lector kepala

b.    Perlu Menyusun modul pembelajaran, jam perkuliaan sesuai RPS, keunggulan prodi sesuai dengan LO lulusan, mata kuliah sesuai peta kompetensi

7 Kriteria 7
a.       Masih ada dosen yang melakukan penelitian sesuai road map

 

a.       PS hendaknya memotivasi dan memfasilitasi dosen untuk melakukan penelitian sesuai road map
8 Kriteria 8
a.       Masih ada dosen yang melakukan penelitian sesuai road map

 

a.       PS hendaknya memotivasi dan memfasilitasi dosen untuk melakukan PKM sesuai road map
9 Kriteria 9
a.    Belum melaksanakan OSCE

 

a.      Mempersiapkan kelulusan mahasiswa untuk UKNI-OSCE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*