LAPORAN CAPAIAN KINERJA LEMBAGA PENJAMINAN MUTU (LPM) TAHUN 2018

Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala rahmat dan hidayah-Nya sehingga laporan capaian kinerja  Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) STIKes Bina Sehat PPNI Mojokerto dapat terselesaikan dengan baik. Laporan ini merupakan wujud tanggung jawab Ketua LPM  sesuai dengan program kerja tahun 2018 kepada Ketua STIKes dan seluruh civitas akademika dalam menjalankan amanah yang diemban. Laporan ini juga merupakan informasi bagi stakeholder menyangkut kemajuan yang telah dicapai pada tahun 2018.

Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam memajukan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM). Semoga Allah SWT membalas semua bantuan dan kebaikan dengan balasan kebaikan yang berlipat ganda. Akhirnya, kami senantiasa berharap semoga laporan ini dapat memberikan manfaat kepada pihak-pihak yang berkepentingan, khususnya kepada seluruh civitas akademika dan jajaran manajemen  STIKes Bina Sehat PPNI Mojokerto selanjutnya dapat digunakan sebagai acuan untuk langkah yang lebih baik di masa yang akan dating.

Peraturan Pemerintah Nomor: 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, mengamanatkan bahwa setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan non formal wajib melakukan penjaminan mutu untuk memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan. Sejalan dengan hal tersebut Undang Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi pada Pasal 52 menegaskan bahwa: Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi merupakan kegiatan sistemik untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan dan dilakukan melalui penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan standar pendidikan tinggi.

PELAKSANAAN DAN CAPAIAN KINERJA

LPM merupakan organisasi penjamin mutu akademik yang senantiasa berkoordinasi dengan program studi dan seluruh unit kerja dan bertanggug jawab kepada Ketua STIKes. Secara umum program kerja yang sudah disusun dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Upaya yang dilakukan oleh LPM untuk monitoring evaluasi program kerja dengan menyusun laporan kegiatan triwulan yang nantinya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi ketercapaian program LPM pada tahun tersebut. Namun demikian upaya untuk mendorong dan membangun budaya mutu dalam setiap aktivitas terus dilaksanakan melalui implementasi standar prosedur dan monitoring evaluasi pada aktivitas institusi.

HASIL CAPAIAN KINERJA TAHUN 2018 UNIT  LEMBAGA PENJAMINAN MUTU (LPM)

1 Audit Mutu Internal 1.    AMI dilaksanakan pada semua program study dan unit penunjang.

2.    Dari kegiatan AMI didapatkan informasi dan data tentang permasalahan yang ada di prodi  dan unit kerja dalam bentuk laporan audit mutu internal

3.      Dirumuskannya rekomendasi dan tindakan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan di program studi  dan unit kerja

 

Rangkaian kegiatan AMI

Rapat auditor:

20 Okt 2018

Pelaksanaan AMI :

Tg 8 Nov 2018

-D3 keperawatan

-Kemahasiswaan

-BAAK

-S1 Kep

-Keuangan

-BAU+SDM

Tg 9 Nov 2018

-D3 kebidanan

-Lab Medis,bahasa, Kom

-Perpustakaan

-Profesi Ners

-LPPM

-LPM dan ketua Stikes

Koordinasi dengan STIKes  di awal tahun untuk kegiatan AMI sehingga dimasukkan dalam kalender STIKes
 
2 Workshop pengembangan dokumen baku mutu beserta instrumen audit Peningkatan pemahaman dan ketrampilan merancang system penjaminan mutu dan tersusunnya dokumen standar SPMI

 

Tahap 1

5 Juli 2018

 

Tahap 2

8 Oktober 2018

 

 

Koordinasi dengan ketua STIKes

Peningkatan pemanfaatan web LPM untuk publikasi kegiatan LPM

 

Pengembangan dokumen yang ada di Lembaga Penjaminan Mutu.

 

 

Tersusunnya dokumen yang terkait dengan tugas LPM, yaitu: Standar SPMI.

–    29 standar nasional pendidikan beserta turunannya

–    4 standar lampauan

–    8 standar penelitian

–    8 standar pengabdian masyarakat

 

Waktu: Juli – Oktober 2018

 

Koordinasi dengan ketua STIKes

Peningkatan pemanfaatan web LPM untuk publikasi kegiatan LPM

 

3 Workshop kurikulum

a.    Prodi Profesi Ners

 

 

Tersusunnya kurikulum  prodi profesi ners yang menjadi dasar pelaksanaan proses perkuliahan di prodi.

 

Tahap 1

Bulan 10-11 April 2018

Koordinasi dengan ketua STIKes

 

4 Akreditasi Program Studi

a.    Prodi DIII Keperawatan

b. Prodi D III Kebidanan

 

 

1.    Tersusunnya panitia pelaksana akreditasi Prodi beserta POA

2.    Tersusunnya borang Prodi

3.    Tersusunnya evaluasi diri

4.    Tersusunnya dokumen pendukung borang akreditasi

5.    Borang terkirim

6.    Visitasi tanggal 23-24 Maret 2018

7.    Hasil akreditasi tanggal 14 april 2018 DIII Kebidanan mendapat peringkat B,  DIII Keperawatan

Mendapatkan peringkat A

 

1.          Peninjauan kembali STATUTA

 

2.          Koordinasi dengan yayasan tetang butir butir dalam standar yang yang merupakan kewajiban yayasan

5 Pengembangan instrumen kepuasan pelanggan.

 

 

Tersusunnya survei kepuasan berbasis SIAKAD  dan pemanfaatan aplikasi google.doc. Laporan survey gabung 4 prodi
6 Monev Pembelajaran.

 

 

1.    Monev pembelajaran sudah dilakukan oleh GKM tiap semester

2.    Adanya data hasil monev pembelajaran

3.   Rekomendasi evaluasi pelaksanaan pembelajaran semester ganjil dan genap

Sebagai evaluasi untuk perbaikan pembelajaran pada semester berikutnya.
7 Pelaksanaan ISO  9001:2015

 

Terlaksananya audit internal dan audit eksternal ISO 9001:2015

Tanggal 19 Desember 2018

 

 

 

 

Pelaksanaan ISO  9001:2015

Deskripsi:

STIKes Bina Sehat PPNI telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015. Sebagai konsekuensi dari sertifikasi ISO tersebut, maka semua unit kerja harus menerapkan seluruh prinsip ISO dalam sistem manajemennya. Setiap tahun, unit kerja yang telah mendapatkan sertifikat ISO juga harus diaudit secara internal dan eksternal.

8 Rapat Tinjauan Manajemen

 

1.    RTM sudah dilakukan

2.    Pelaksanaan RTM diikuti : Yayasan,  Top manajer,  Seluruh unit kerja

3.    Tersusunnya rencana perbaikan berdasarkan masalah yang ditemukan saat AMI.

4.    Hasil tindak lanjut, tersusunnya:

a.       Statuta

b.      RIP

c.       Renstra

Rangkaian kegiatan RTM:

Tahap 1:

27 November 2018

Soisialisasi hasil AMI

 

Tahap 2:

Tindak lanjut RTM Januari – Februari 2019

Peninjauan STATUTA

 

Tahap 3:

Tindak lanjut RTM  6 Maret 2019

Peninjauan RIP dan renstra

RTM dilaksanakan audit dari UTAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*