Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas berkat dan rahmat-Nya kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) 2017 dapat terlaksana sesuai dengan perencanaan. Hasil AMI tersebut akan kami paparkan dalam bentuk Laporan Kegiatan Audit Mutu Internal. Laporan ini merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) yang ada di STIKes Bina Sehat PPNI Mojokerto sebagai lembaga yang diberikan amanah untuk mengendalikan mutu yang ada di institusi tidak terkecuali semua unit yang ada di STIKes.
Audit Mutu Internal merupakan evaluasi diri yang ditinjau secara berkala, disesuaikan dengan kondisi-kondisi internal program studi, praktik yang baik yang berlaku di Indonesia, serta perkembangan di dunia internasional. Data hasil audit adalah data dari, oleh, dan untuk program studi yang ada pada STIKes Bina Sehat PPNI Mojokerto. Oleh karena itu, data yang diperoleh dapat menjadi penuntun program studi melakukan evaluasi diri, menetapkan rencana tindak lanjut, perencanaan, menetapkan pelaksanaan, monitoring-evaluasi, serta perbaikan terus-menerus untuk mencapai standar mutu dan kriteria yang ditetapkan.
Melalui pelaksanaan Audit Mutu Internal, program studi dapat mengetahui apakah mereka telah memenuhi standar nasional dan apakah mereka telah memenuhi kebutuhan peserta didik. Karena itu, masing-masing program studi perlu dilakukan AMI setiap tahun, sehingga program studi dapat mempergunakan informasi yang dikumpulkan untuk mengarahkan perencanaan menuju peningkatan mutu berkelanjutan.
PELAKSANAAN AUDIT MUTU INTERNAL (AMI)
- Waktu Pelaksanaan
Kegiatan AMI dilaksanakan pada bulan November 2017
- Instrumen
Instrumen pada kegiatan ini mengacu pada Instrumen penilaian akreditasi dari LAMPT Kes , terdiri atas penilaian terhadap:
- Borang 3a
- Borang 3b
- Evaluasi diri
RINGKASAN HASIL AUDIT MUTU INTERNAL (AMI) DAN SARAN TINDAKAN PERBAIKAN
STIKes BINA SEHAT PPNI MOJOKERTO PERIODE 2017
TEMUAN | SARAN PERBAIKAN |
1. Telah di buat Laporan pertanggungjawaban di level top manajer (Ketua STIKes, Ketua 1,2,3) belum optimal | 1. Menyusun PM tentang laporan pertanggung jawaban tahunan dan akhir jabatan dan disosialisasikan |
2. Capaian luaran mutu meningkat | 2. Memotivasi dosen untuk membuat jurnal internasional yang terindeks DOAJ |
3. Usaha dilaksanakan PS untuk membantu memberikan lowongan pekerjaan mepenyebaran info lewat lalui face book, program magang. Web PS, job center belum berjalan optimal | 3. Koordinasi dengan Ketua III terkait dengan upaya PS mencarikan informasi pekerjaan |
4.Persentase paket naskah ujian mutu baik dan sesuai silabus | 4. Rencanakan item dev dan item review |
5. Penambahan beberapa mata kuliah menyesuaikan visi misi | 5. Evaluasi kembali kurikulum dengn menyesuaikan keunggulan prodi |
6. Peningkatan Jumlah Kunjungan Mahasiswa | 6. Meningkatkan pelayanan dan menambah waktu pelayanan menambah koleksi buku |
7. Penyimpanan arsip u/ keanggotaan dgn soft ware, untuk skripsi atau KTI di gudang | 7. Mengadakan Sofware Library terutama untuk pengarsipan Skripsi dan KTI |
8. Membuat program Student Exchange yang sesuai dengan standart yang sudah ditetapkan | 8. Memperbaiki program Study Exchange yang sesuai dengan program yang sudah di tetapkan |